TULISAN

TULISAN

Minggu, 20 Oktober 2013

Tips menghilang sakit dan pegal setelah berolah raga










Ketika Anda melakukan latihan yang cukup berat, jaringan otot pun meregang. Inilah yang membuat beberapa area tubuh menjadi sakit. Ketimbang mengabaikan rasa sakitnya, sebaiknya cobalah untuk mengobati otot-otot tersebut dengan hari-hati. Seperti yang dikutip dari Live Strong, berikut beberapa cara mengurangi rasa nyeri setelah berolahraga.

Langkah 1
Makanlah camilan yang mengandung protein sekitar 15 menit setelah latihan. Mengonsumsi protein akan bantu membangun kembali sel-sel dalam otot, yang akhirnya bisa bentu tubuh memperbaiki otot yang sakit lebih cepat. Makan roti dengan selai kacang atau segenggam kacang almond, bisa menjadi pilihan tepat.

Langkah 2
Istirahatkan otot Anda. Jika nyeri otot terasa ketika Anda baru saja memulai olahraga, sebaiknya segera berhenti. Bisa jadi hal itu disebabkan oleh otot yang tegang dan keseleo. Jika rasa nyeri datang setelah latihan, hindari kegiatan fisik yang berat sampai rasa sakit mereda.

Langkah 3
Kompres area tubuh yang nyeri dengan menggunakan es selama 15 menit, tiga kali dalam sehari. Kompres es ini akan membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri. Jika Anda tidak memiliki kompres es, bisa menggunakan handuk berisi es batu atau kantung kacang polong yang beku.

Langkah 4
Lakukan peregangan otot dengan hati-hati. Walau peregangan diketahui bisa mengurangi rasa sakit, namun peregangan yang terlalu agresif biasanya justru memperburuk keadaan otot. Latihan perenggangan bantu menggerakkan bagian-bagian tubuh dan melawan rasa sakit dalam tubuh. Anda dapat menyembuhkan sakit otot dengan latihan peregangan sederhana selama 15 menit.

Langkah 5
Tempatkan bagian tubuh yang sakit lebih tinggi dari jantung Anda. Misalnya menaruh kaki atau lengan di atas bantal ketika Anda duduk atau berbaring. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit dan mencegah pembengkakan.


Tambahan :

Semangka

Setelah berolahraga, apalagi setelah vakum sekian lama, seringkali kita merasakan pegal dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Kondisi tersebut sebenarnya normal. Hal ini terjadi karena jaringan otot yang teregang melebihi biasanya.

Namun rasa pegal seringkali dirasa tidak nyaman sehingga kita pun melakukan usaha untuk segera melenyapkannya, seperti pijat atau olahraga ringan. Baru-baru ini, sebuah studi  menemukan cara efektif untuk membantu mengurangi pegal tersebut yakni dengan meminum jus semangka.

Studi yang dipublikasi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tersebut melibatkan tujuh peserta pria. Mereka diminta bersepeda rutin dalam tiga hari yang berbeda. 

Dalam dua hari, peserta diminta untuk meminum jus semangka satu jam sebelum berolahraga. Sedangkan di hari ketiga, mereka hanya diberi minuman plasebo yang berwarna pink seperti jus semangka.

Dua puluh empat jam setelah berolahraga di hari ketiga, banyak peserta melaporkan mengalami pegal. Padahal di kedua hari sebelumnya, saat mereka minum jus semangka, mereka mengaku tidak terlalu pegal setelah olahraga.

Penulis studi Encarna Aguayo, profesor teknologi makanan di Technical University of Cartagena, mengatakan, jus semangka dapat mengurangi pegal karena mengandung asam amino yang disebut L-sitrulin. 

"Senyawa tersebut meningkatkan aliran darah, sehingga meminumnya sebelum berolahraga dapat membantu otot mendapatkan lebih banyak oksigen," jelasnya.

*)diambil dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar